layanan jantungPenyakit Jantung Bocor adalah suatu penyakit dimana terdapat kelainan pada jantung tersebut berupa lubang kecil pada sekat atau katup jantung yang merupakan suatu kelainan pada struktur jantung. Penyakit jantung bocor ini adalah penyakit bawaan lahir, penyebab jantung bocor diakibatkan karena pembentukan jantung yang tidak sempurna dalam janin.

Proses pembentukan jantung janin terjadi pada masa awal pembuahan (konsepsi), bahkan sebelum si ibu sadar dirinya tengah hamil. Formasi jantung ini telah sempurna pada akhir masa trimester pertama kehamilan.

Terdapat dua jenis katup jantung yaitu :

  1. Katup Pulmonary. Yaitu katup yang terdapat di pembuluh darah yang menghubungkan jantung dan paru paru.
  2. Katup Aorta. yaitu katup yang terdapat di pembuluh darah menuju aorta (pembuluh darah utama.

Pada kasus jantung bocor pada bayi, sirkulasi darah kotor mengalir ke sirkulasi darah bersih sehingga bayi menjadi biru. Bila terlalu banyak darah kotor beredar ke sirkulasi darah bersih dan memasuki organ-organ penting seperti otak, maka bisa terjadi sesak napas, disertai kejang, bahkan kematian.

Gejala Penyakit Jantung Bocor

Bagi anda yang mempunyai gejala penyakit jantung bocor maka segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis jantung guna memeriksa kondisi Klep jantung anda melalui ekokardiografi. Berikut beberapa gejala awal penyakit jantung bocor:

  • Munculnya keluhan sesak nafas, ini terjadi ketika saat sedang beraktivitas.
  • Munculnya masalah dengan rasa pusing, diikuti dengan lemah dan lesu, dan beberapa kasus diikuti dengan hilangnya kesadaran / pingsan.
  • Munculnya keluhan tidak enak badan, dan mempunyai keluhan semacam adanya tekanan / beban yang menekan diatas dada, ketika sedang beraktivitas dan ketika udara dingin.
  • Munculnya Palpitasi, ini merupakan keadaan dari adanya denyut jantung yang cepat, tidak beraturan, dan kadang adanya denyut jantung yang terlewatkan.
  • Munculnya keluhan bengkak di pergelangan, kaki atau abdomen
  • Berat badan yang naik secara drastis.

 

Layanan Bunda Heart Centre RS Bunda Jakarta  : 021 – 3192 3344 ext. 6214
Appointment Doctor Hubungi Call Center : 1-500-799 

logo

www.bunda.co.id
http://roboticsurgeryindonesia.com
www.bundaheartcentre.com