ATLET sepak bola atau jenis olahraga tertentu sering mengalami serangan jantung di lapangan. Apa sesungguhnya yang menjadi penyebab utama?

Alasannya, kondisi itu terjadi karena aktivitas fisik yang berlebihan. Hal ini sesuai pernyataan Dr. Dicky Hanafy, SpJP, spesialis jantung dan pembuluh darah dari Bunda Heart Centre, RSU Bunda. Dia menjelaskan, latihan berlebihan memicu pengembangan organ jantung yang terlalu melebar, sehingga oksigen yang seharusnya didapat otot jantung jadi tak berhenti. Alhasil, seseorang mengalami serangan jantung.

“Pada prinsipnya, risiko ini bisa terjadi pada semua jenis olahraga. Karena seperti halnya otot dalam tubuh, bila mereka dilatih, otot akan berkembang juga. Dan begitu juga yang terjadi pada otot jantung, otot bila sering dilatih akan jadi tebal dan itu bagus. Tapi saat seseorang melakukan aktivitas fisik berlebihan hingga otot jantung menebal dan terlalu melebar. Inilah yang bahaya, di mana oksigen yang harusnya diterima otot jantung jadi tak diterima. Sehingga menimbulkan gangguan pada jantung,” katanya di Multi Function Room Plaza Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (24/9/2013)

Dr. Dicky menambahkan, kondisi itu juga biasanya terjadi karena faktor genetik yang berperan. Sehingga menyebabkan kematian pada atlet ataupun seseorang.

 

Call Center : 1-500-799